Senin, 25 Februari 2013

MANEJEMEN DAN ORGANISASI (1)


Siang hari seperti ini, tatkala kuliah kosong saya lebih suka membaca AL Quran dan juga beberapa artikel keagamaan. Hmmm tujuannya sie biar otak gak ikut-ikut panas seperti matahari yang sedang semangat bersinar hehe.....

Kebetulan pada hari senin kemaren ada kuliah menejemen dan organisasi yang diajar oleh Drs Abdul Latief Burhan, Msc. Menurut saya kuliahnya menarik dan santai karena bapaknya selain banyak pengalaman juga jago humornya :)

Nah saya tipekal orang yang ogah nyatet karena menurut saya mendengarkan guru bicara itu lebih penting, kalaupun cetatan kan bisa pinjam dan menulis ulang dengan gaya bahasa sendiri dicampurkan hasil dengar, insyaAllah kan lebih efektif.

Beberapa jam pertama isinya hanya kontrak kuliah dan pemilihan komting. Selanjutnya Pak Latief hanya bercerita tentang wawasannya dan pengalamannya. Tiba-tiba muncullah sebuah pertanyaan kepada seorang yang duduk dibelakang "apa itu organisasi???" 
Kebetulan jawaban mahasiswa itu menurut saya kurang tepat jadi secara otomatis, memori otak saya tidak mengingat ucapannya (alibi) hehe....
Hmmm kalau berdasarkan pengalman saya waktu aktif organisasi di SMA dan yang saya ikuti diluar kampus ya organisasi itu hanya sebuah wadah untuk menampung aspirasi anggotannya yang memiliki minat sama. Sehingga nantinya akan menciptakan tujuan bersama dan diwujudkan dalam bentuk visi misi organisasi tersebut.
Pak Latief tidak memberikan jawabannya hanya mengarahkan jawaban dari seorang mahasiswa tadi yang menurut saya kurang tepat, beliau bertutur " Apakah ada organisasi yang memiliki tujuan tidak baik? Semua bergantung menejemennya, yah nanti kalian bisa baca beberapa referensi atau buku-buku di perpustakaan tentang organisasi. Jangan berniat untuk memiliki buku tapi berniatlah untuk memahami isinya" . Dalam hati saya sungguh luar biasa beliau ini, kata-katanya penuh makna yang dalam dan pastinya guru yang berpengalaman.

Melanjutkan pidato beliau " Organisasi itu harus disertai aksion dari segala tujuan yang baik, Jokowi misalnya dia langsung turun kejalanan untuk melihat kondisi rakyatnya serta kebutuhan rakyatnya. Itu contoh leader yang baik. Ingat leader  tidak sama dengan pimpinan. Seorang pemimpin selalu terikat pada aturan yang berlaku tapi seorang leader adalah orang yang bisa memperlakukan bawannya dengan kebijakannya." Dalam hati, saya tak henti-henti kagum dengan beliau, luarr biasaa!!!
tuturnya lagi " Serorang leader harus PD itu syarat utamannya, jika sudah PD tentu dia siap ikut berlomba (kompetisi) untuk menguji kualitas kompetensi yang dimilikinya."

Tentu tulisan diatas ringkasan dari saya tentang kuliah MO (part 1). Kebetulan saya males mencatat yaa saya rangkum dalam blog. Selanjutnya saya dapet tugas baca koran pilihan bapak Latief, saya pilih judul menarik untuk mengisi hobi disiang hari saya. judul artikelnya, " Zikir untuk Bangsa"


 Ringkasan baca saya nanti juga saya posting. SEMOGA MANFAAT ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar