Senin, 29 Juli 2013

Sidang Skripsi



Hari ini merupakan hari penting bagi saya dimana semua apa yang saya kerjakan dalam waktu 7 bulan telah dievaluasi. Evaluasi pagi tadi cukup berjalan baik meski penguji 3 dan penguji 4 saya, datang terlambat 30 menit. Saya kecewa dengan penguji 3 dan penguji 4 karena segalanya sudah saya siapkan dari pagi bahkan pagi-pagi saya sudah mengirimkan pesan singkat untuk mengingatkan beliau. Tapi segala rasa kecewa saya, teredam mengingat kata-kata motivasi dari pembimbing 1 saya. 

Beberapa menit pertama sidang dibuka oleh penguji 3 kemudian dilanjutkan presentasi oleh saya. Fatalnya bahasan saya amat banyak alhasil waktu yang saya butuhkan untuk presentasi melebihi waktu yang diberikan yakni, 30 menit. 1 jam kemudian tibalah saatnya dimana harusnya saya diberi saran (istilah teman-teman saya sie) tapi yang ada saya dikritisi cukup banyak oleh Mr. Dj. Saya yang berkarakter santai tapi juga keras kepala cukup bisa mempertahankan pendapat saya namun Mr. Dj ngotot sekali kalau metode saya salah. Mr. Dj berpendapat kalau saya harus memperbaiki metode yang saya gunakan, mengingat hasil komparasi energi disosiasi molekul O2 dibandingkan hasil kalkulasi DFT (Density Functional Theory) kesalahan relatifnya nyaris 80% dengan acuan hasil eksperimen. Berulang kali saya sudah menjawab kesalahan perhitungan itu karena jarak disosiasinya yang tidak sesuai dengan diagram tingkat energi orbital, tapi ya tetap saja ngotot (tentu jawaban saya tak sesingkat tuisan ini hehe...). Pembimbing 1 saya cukup paham dengan maksud yang saya utarakan, penjelasan beliau juga sama dengan penjelasan saya bahkan bahasa yang dipakai nyaris sama. Kejadian ini benar-benar memberikan pelajaran baru untuk saya bahwa publik mungkin akan lebih percaya pada omonga orang yang memiliki jabatan dan berkompeten ditimbangkan dengan tukang sapu, meski isi omangan keduanya sama.


Masih banyak lagi pertanyaan Mr. Dj yang terus menyerang, walau demikian hanya satu pertanyaan beliau yang belum saya jawab dengan baik. Hingga selama 1 jam lebih saya berdiskusi baru diakhir pertanyaan beliau sepemahaman dan berujar saya tetap anak wali terbaik beliau. Hati saya pun terasa lega, ya lega bukan karena dipuji tapi sebagian besar mampu menjawab dam meyakinkan 4 penguji sekaligus. Pembimbing 1 dan 2 saya sama sekali tidak bertanya, hal ini karena waktu benar-benar dihabiskan oleh penguji 4 dan 3. Saya tak merasa cukup bangga karena evaluasi tadi tidak dikritisi juri 1 saya, juri 1 saya ini adalah guru yang berperan membimbing dibalik layar selama 7 bulan. Teringat beliau mungkin kini saat yang tepat untuk konsultasi dan melaorkan sidang hari ini hehe,...


2 jam saya berdiri dan merasakan kaki kesemutan, usailah sidang skripsi dan disambut banyak ucapan selamat dari kakak kelas, teman-teman dan para pembimbing beserta penguji. Saya tak henti berucap syukur pada Yang Kuasa untuk hari ini. Target lulus tepat waktu dan IPK yang cukup untuk berkompetisi mencari beasiswa S2 telah saya genggam. Cukup sesal karenna tidak komlout tapi setidaknya pengalaman saya diluar kampus juga cukup memberikan pelajaran hingga saya merasa PD menghadapi tantangan masa depan. Semoga Tuhan selalu melapangkan jalan saya. aamiin. Tak lupa saya ucapkan syukur pada Yang Kuasa. alhamduli lillahi rabbil ‘aalamin










Tidak ada komentar:

Posting Komentar